SILABUS MATA PELAJARAN SOSIOLOGI (PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
|
|||||
2.1 Mensyukuri
keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Kuasa
2.2 Merespon secara positif berbagai gejala
sosial di lingkungan sekitar
|
|||||
3.1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam
mengkaji berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
4.1 Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan
fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di
masyarakat
|
1.
Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di
masyarakat
|
Mengamati:
Mengamati gejala sosial di masyarakat dari berbagai
sumber pengetahuan sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
Menanya:
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang apa, mengapa dan bagaimana memraktekkan
pengetahuan Sosiologi dalam mengkaji gejala dan memecahkan permasalahan
sosial dalam kehidupan bermasyarakat
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Mengidentifikasi gejala sosial dalam kehidupan bermasyarakat
dari berbagai sumber pengetahuan dan hasil pengamatan
Mengasosiasikan:
Memberikan
arti, merumuskan dan menyimpulkan hasil pengamatan untuk memperdalam
pengenalan terhadap kehidupan sosial
Mengomunikasikan:
Menyampaikan hasil pengamatan dan
kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan dalam diskusi kelas
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang fungsi
Sosiologi dalam mengenali gejala sosial
Tugas:
Membuat kesimpulan tentang fungsi
Sosiologi dengan rumusan kata-kata
sendiri dan menyebut sumber-sumber
bacaan yang digunakan
|
24
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.2 Menerapkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu,
antara individu dan kelompok serta
antar kelompok
4.2 Melakukan
kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk
memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta
antar kelompok
|
2. Individu, kelompok dan hubungan sosial
|
Mengamati:
Mengamati berbagai bentuk hubungan
sosial antar individu dan antar kelompok di dalam bermasyarakat sebagai rasa
ingin tahu atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
Mengkaji hubungan sosial antar
individu dan antar kelompok untuk memahami kehidupan sosial dalam
bermasyarakat
Menanya:
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
kritis dan mendiskusikan hasil pengamatan dan kajian tentang berbagai bentuk
hubungan sosial antar individu dan antar kelompok serta proses pembentukan
kelompok dengan rumusan pertanyaan yang sudah dikembangkan
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Melakukan wawancara kepada individu
atau kelompok yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar terkait hubungan sosial antar individu dan
antar kelompok
Mengasosiasikan:
Menganalisis hasil wawancara mengenai hubungan sosial antar individu dan antar kelompok dengan
menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi
Menemukan konsep dasar Sosiologi
berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial
Menyimpulkan hasil temuan mengenai
konsep dasar Sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar
individu, antara individu dan kelompok
serta antar kelompok
Mengomunikasikan:
Memaparkan hasil pengamatan tentang hubungan sosial dan
mendiskusikannya untuk mendalami konsep dasar Sosiologi
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang konsep dasar Sosiologi, yaitu individu, kelompok, dan hubungan sosial
Tugas:
Membuat kesimpulan dari hasil
kajian tentang konsep dasar individu, kelompok, dan hubungan sosial
dengan rumusan kata-kata sendiri
dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan
Observasi:
Penilaian tentang perilaku saling
menghormati, tanggung jawab,disiplin,
toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri, atau
kelompok yang mengikuti prosedur atau
aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Portofolio:
Menilai proses dan hasil kerja
siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai
dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami hubungan sosial antar individu, antara
individu dan kelompok serta antar kelompok
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap bentuk hubungan sosial di masyarakat melalui berbagai
instrumen
|
27
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual,
dan masyarakat di lingkungan setempat
|
3.3 Menganalisis
berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk
memahami hubungan sosial di masyarakat
4.3 Melakukan
kajian, diskusi dan mengaitkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali
berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat
|
3.
Ragam gejala sosial dalam masyarakat
|
Mengamati:
Mengamati ragam gejala sosial di
masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa ingin tahu atas penciptaan dan
kebesaran Tuhan yang tercermin dan terwujud dalam kehidupan sosial
Menanya:
Mengajukan berbagai pertanyaan
terkait hasil pengamatan dan mencermati berbagai gejala sosial dalam memahami
hubungan sosial di masyarakat
Mendiskusikan berbagai pertanyaan
dengan mengaitkan kecenderungan gejala sosial di masyarakat sebagai akibat
dari hubungan sosial
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Melakukan survey di masyarakat
setempat tentang berbagai gejala
sosial melalui observasi, wawancara,
partisipasi dan kajian dokumen dan pustaka dengan menggunakan panduan
yang telah dipersiapkan sebelumnya
Mengasosiasikan:
Menganalisis data dari hasil survey
mengenai ragam gejala sosial di
masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi untuk memahami
hubungan sosial dalam kehidupan
kelompok dan masyarakat
Menentukan sikap dalam mengkritisi
berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas
berbagai gejala sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam
kehidupan kelompok dan masyarakat
Mengomunikasikan:
Mengomunikasikan pendapat secara
individu dan kelompok berdasarkan hasil survey mengenai berbagai gejala
sosial terkait hubungan sosial dan
pembentukan kelompok di masyarakat
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap konsep dasar Sosiologi dalam mengenali berbagai
gejala sosial di masyarakat
Tugas:
Membuat kesimpulan dengan
mengaitkan konsep dasar Sosiologi dalam mengenali berbagai gejala sosial
untuk memahami hubungan sosial
dan menyebut sumber-sumber
bacaan yang digunakan
Proyek:
Merencanakan, melaksanakan, dan
membuat laporan serta mempresentasikan hasil survey tentang keragaman gejala
sosial di masyarakat
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap adanya keragaman gejala sosial di masyarakat melalui berbagai
instrumen
|
27
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.4 Menerapkan metode-metode penelitian sosial
untuk memahami berbagai gejala sosial
4.4 Menyusunrancangan, melaksanakan dan menyusun
laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk tulisan,
lisan dan audio-visual
|
4.
Metode Penelitian Sosial
|
Mengamati:
Melakukan kajian pustaka
tentang metode-metode penelitian
sosial sebagai persiapan untuk merancang penelitian sederhana mengenai
berbagai gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat
Menanya:
Merumuskan pertanyaan terkait
metode penelitian sosial yang akan digunakan dalam penelitian sederhana
tentang berbagai gejala sosial di masyarakat
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Menyusun rancangan penelitian
sederhana tentang berbagai gejala
sosial terkait dengan hubungan sosial
dan pembentukan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah penelitian, yaitu
penetapan topik, latar belakang,
permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen penelitian (pedoman wawancara dan
pedoman observasi).
Melakukan penelitian sederhana
dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen atau
kajian pustaka tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat
Mengasosiasikan:
Mengolah data, menganalisis dan
menyimpulkan hasil penelitian tentang berbagai gejala sosial di
masyarakat
Menyusun
laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah
Mengomunikasikan:
Menyajikan hasil laporan dalam berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel,
foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik
dan mudah dibaca.
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap metode
penelitian sosial
Portofolio:
Menilai proses dan hasil kerja
siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai
dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menunjukkan sikap ilmiah
Proyek:
Merencanakan, melaksanakan, dan
membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial sederhana
tentang keragaman gejala sosial terkait hubungan sosial antar individu,
antara individu dan kelompok serta antar kelompok di masyarakat
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap pentingnya penelitian sosial dalam masyarakat melalui berbagai
instrumen
|
27
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
|
SILABUS MATA
PELAJARAN: SOSIOLOGI
(PEMINATAN
ILMU-ILMU SOSIAL)
Satuan pendidikan : SMA/MA
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung
tinggi keharmonisan.dalam kehidupan bermasyarakat
|
|||||
2.1 Menumbuhkan
kesadaran individu untuk memiliki
tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan sosial
2.2 Menunjukkan
sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
|
|||||
3.1 Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji
pengelompokkan sosial dalam masyarakat
4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang
pengelompokkan sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi
|
5. Pembentukan
kelompok sosial
|
Mengamati:
Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat
Mengkaji dari berbagai sumber
informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan
pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang
menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Mengidentifikasi dan mengumpulkan
data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar
Mengasosiasikan:
Mengklasifikasi ragam
pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk
pengelompokkan
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang pembentukan kelompok sosial
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang pengelompokkan
sosial
Tugas:
Merumuskan kesimpulan dari hasil
pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan sosial di masyarakat
Observasi:
Penilaian tentang perilaku saling
menghormati, tanggung jawab,disiplin,
toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri, atau
kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan
dan/atau disepakati bersama.
|
24
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
|
3.2 Mengidentifikasi berbagai
permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat
4.2 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi mengenai permasalahan sosial yang muncul di
masyarakat
|
6.
Permasalahan sosial dalam
masyarakat
|
Mengamati:
Mengenali berbagai permasalahan
sosial yang ada di masyarakat sekitar
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas,
kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan
mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi berorientasi pemecahan masalah yang
menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:
Melakukan survey di masyarakat
setempat tentang permasalahan sosial
(kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui
observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah
dipersiapkan sebelumnya
Mengasosiasikan:
Menginterpretasi data hasil survey
tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial
ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil survey tentang permasalahan sosial dan
pemecahannya sesuai hasil pengamatan
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang permasalahan
sosial
Tugas:
Membuat kesimpulan dari hasil
survey tentang permasalahan sosial di masyarakat sekitar
Observasi:
Penilaian tentang perilaku saling
menghormati, tanggung jawab,disiplin,
toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri, atau
kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan
dan/atau disepakati bersama.
|
28
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
|
3.3 Memahami
penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk
menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat
4.3 Merumuskan strategi dalam
menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip
kesetaraan
|
7. Perbedaan,
kesetaraan dan harmoni sosial
|
Mengamati:
Mengamati
perbedaan dan keragaman sosial yang ada di masyarakat sekitar
Menanya:
Menumbuhkan
rasa ingin tahu tentang perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan
masyarakat dan mendiskusikan tentang pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai
warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Melakukan
wawancara dan atau mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan
sosial yang ada di masyarakat dan
pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk
menciptakan kehidupan sosial yang harmonis
Mengasosiasikan:
Menganalisis
hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial
di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis
berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara
Merumuskan
langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis
di masyarakat berdasarkan hasil analisis
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan
kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Merumuskan
hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan
menghormati perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong
kehidupan masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-prinsip kesetaraan
sebagai warga negara
|
Tes:
Melakukan tes
untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap
penerapan prinsi-prinsip kesetaraan dalam menciptakan masyarakat yang
harmonis
Tugas:
Menemukan
strategi dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis
Proyek:
Merencanakan,
melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil wawancara dan
atau mengisi kuesioner tentang harmonisasi masyarakat
Sikap:
Menilai
tanggapan dan pandangan siswa terhadap perlunya penerapan prinsip-prinsip
kesetaraan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen
|
28 JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.4 Menganalisis
potensi-potensi terjadinya konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat
yang beragam serta penyelesaiannya
4.4 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi tentang konflik dan kekerasan serta upaya
penyelesaiannya
|
8. Konflik,
kekerasan, dan upaya penyelesaiannya
|
Mengamati:
Mengamati gejala konflik dan
kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik
dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak terselesaikan secara
damai)
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang
sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta
mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Mengumpulkan data primer/sekunder
tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang
dilakukan warga masyarakat
Mengidentifikasi dampak kekerasan
(fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan
contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat
setempat
Mengasosiasikan:
Menganalisis dan mendiskusikan
penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi,
negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan
di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan
|
Tes:
Melakukan tes
untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap
masalah konflik dan kekerasan
Tugas:
Membuat
kesimpulan tentang timbulnya konflik dan kekerasan melalui berbagai sumber
dan merumuskan upaya penyelesaian
Sikap:
Menilai
tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penyelesaian konflik dan
kekerasan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen
|
32
JP
|
Buku
teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil
penelitian, gambar, diagram, grafik,
peta, audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.5 Menerapkan metode penelitian sosial berorientasi pada
pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya
4.5Merancang, melaksanakan dan
menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah
berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya serta
mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual
|
4 Integrasi
dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan
|
Mengamati:
Mengamati dan
mendiskusikan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Menanya:
Mengembangkan
sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di
masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya
integrasi dan reintegrasi sosial
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:
Merancang
penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya
integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan
msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi
kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan
rekomendasi
Melaksanakan
penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah dengan metode pemetaan
berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk menyelesaikan
konflik dan mewujudkan perdamaian di masyarakat
Mengasosiasikan:
Mengolah data,
menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan
tentangupaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
Mengomunikasikan:
Menyajikan hasil pemetaan
tentang upaya integrasi dan
reintegrasi sosial sebagai upaya
penyelesaian konflik dan
mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
dalam berbagai bentuk, seperti
laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual
dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.
Merumuskan hasil diskusi untuk
dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta
tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial
untuk mewujudkan kehidupan yang damai
di masyarakat
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap pentingnya
integrasi dan reintegrasi sosial
Tugas:
Mengumpulkan data, mengolah dan
melaporkan hasil analisis tentang
kasus-kasus mengenai konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
dari berbagai sumber terutama media massa
Portofolio:
Menilai proses dan hasil kerja
siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai
dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menciptakan integrasi dan
reintegrasi sosial
Proyek:
Merencanakan, melaksanakan, dan
membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial berorientasi
pada pemecahan masalah berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi dalam
masyarakat
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap pentingnya integrasi dan reintegrasi dalam masyarakat melalui berbagai instrumen
|
32
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
SILABUS MATA
PELAJARAN: SOSIOLOGI
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban
dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap
keragaman peradaban.
|
|||||
2.1 Mengembangkan
kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial.
2.2 Menunjukkan
rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong
partisipasi dalam mengatasinya
|
|||||
3.1 Menganalisis perubahan sosial dan
akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat
4.1 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang
ditimbulkannya
|
9. Perubahan sosial dan dampaknya
|
Mengamati:
Mengamati perubahan sosial yang terjadi di masyarakat
sekitar untuk menumbuhkan sikap religiositas dan tanggungjawab etika sosial
dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik
Mengkaji konsep perubahan sosial
berkaitan dengan pengertian, penyebab dan dampaknya, baik positif maupun
negatif melalui berbagai contoh yang
ada di masyarakat serta membandingkannya dengan pendapat para pengamat dan
ahli
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu dan
mendiskusikan tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam
kehidupan masyarakat setempat dengan menggunakan contoh-contoh nyata yang
terjadi di dalam kehidupan masyarakat
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Mengidentifikasi hasil diskusi
tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam kehidupan
masyarakat
Mengasosiasikan:
Menganalisis realitas dan data tentang perubahan sosial dan dampaknya yang
terjadi di masyarakat
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil pengamatan
dan pengkajian tentang perubahan sosial di masyarakat
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang perubahan
sosial dan dampaknya
Tugas:
Membuat kesimpulan tentang penyebab dan dampak perubahan sosial dalam
masyarakat dan menyebutkan
sumber-sumber bacaan yang digunakan
|
24
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.2 Mendeskripsikan
berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di
tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.2 Melakukan
kajian, pengamatan dan diskusi tentang berbagai permasalahan sosial yang
disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi
|
10.
Globalisasi dan perubahan komunitas lokal
|
Mengamati:
Mengamati ragam permasalahan akibat
perubahan sosial karena pengaruh
globalisasi di komunitas dan masyarakat sekitar
Melakukan kajian dokumen tentang
perubahan sosial dan permasalahan sosial di komunitas lokal sebagai akibat
atau dampak globalisasi
Menanya:
Menumbuhkan rasa ingin tahu dan
mendiskusikan hasil pengamatan dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan berbagai
permasalahan sosial terkait dampak globalisasi terhadap kehidupan komunitas lokal
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Melakukan survey tentang perubahan
komunitas lokal sebagai akibat globalisasi melalui observasi dan wawancara
Mengasosiasikan:
Menganalisis data hasil survey
tentang perubahan komunitas lokal sebagai akibat globalisasi dan mengaitkan
dengan konsep perubahan sosial
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil kajian
tentang perubahan sosial dan permasalahan sosial di komunitas lokal akibat
globalisasi
|
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang konsep globalisasi dan pengaruhnya pada perubahan
sosial
Tugas:
Membuat tinjauan ilmiah
sederhana hasil pengamatan dan atau
studi dokumen tentang permasalahan sosial yang terkait dengan adanya
globalisasi
Observasi:
Penilaian tentang perilaku tanggung
jawab,disiplin, jujur, kerjasama,
responsif dan pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan
baik kegiatan klasikal, mandiri atau
kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan
dan/atau disepakati bersama.
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan
siswa terhadap pengaruh globalisasi pada masyarakat melalui berbagai
instrumen
|
28 JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan masyarakat di
lingkungan setempat
|
3.3 Menganalisis
ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah
globalisasi
4.3 Mengolah hasil
kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari
perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi
|
11.
Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di
tengah globalisasi
|
Mengamati:
Mengamati ketimpangan sosial
sebagai dampak dari perubahan sosial di tengah globalisasi untuk menumbuhkan
sikap empati dan rasa saling menghargai diantara sesama manusia dan warga
masyarakat
Mengkaji berbagai faktor penyebab
ketimpangan sebagai akibat perubahan sosial di tengah globalisasi melalui
studi dokumen
Menanya:
Merumuskan
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan
kaitan dengan konsep dari studi dokumen
mengenai pengaruh perubahan sosial dan globalisasi terhadap
ketimpangan sosial dalam masyarakat
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Mengidentifikasi masalah
ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar dengan sikap kritis dan kepekaan untuk
pemecahan masalah
Melakukan
pengumpulan data terkait dengan masalah ketimpangan sosial di masyarakat
sekitar
Mengasosiasikan:
Mengolah data
dan menganalisis ketimpangan sosial
berdasarkan hasil kajian dan pengumpulan data
Mengajukan
pendapat atau usulan tentang upaya mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat
sekitar berdasarkan hasil pengolahan data dan kajian dokumen
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data dan usulan upaya mengatasi ketimpangan sosial di
masyarakat
Merumuskan
usulan atau rekomendasi kelompok atau bersama tentang upaya mengatasi
ketimpangan akibat perubahan sosial di tengah globalisasi
|
Tes:
Melakukan tes
untuk mengetahui pemahaman siswa tentsng ketimpangan sosial sebagai dampak
perubahan sosial di tengah globalisasi
Tugas:
Membuat
kesimpulan tentang pengaruh globalisasi dan perubahan sosial terhadap
terjadinya ketimpangan di masyarakat
dengan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan
Observasi:
Penilaian
tentang perilaku tanggung jawab,disiplin,
jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif serta
kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal,
mandiri, atau kelompok mengikuti
prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati
bersama
Proyek:
Merencanakan,
melakukan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil pengumpulan data
tentang ketimpangan sosial di masyarakat setempat
|
28 JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual,
dan masyarakat di lingkungan setempat
|
3.4 Menerapkan
strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan
lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.5 Mengevaluasi
aksi pemberdayaan komunitas sebagai
bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial
4.4 Merancang,
melaksanakan dan melaporkan aksi
pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di
tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.5 Memaparkan
inisiatif, usulan, alternatif dan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi aksi
pemberdayaan komunitas
|
12.
Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas
|
Mengamati:
Mengamati praktek pemberdayaan
komunitas untuk mengatasi ketimpangan dari sudut pandang kearifan lokal,
kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan untuk menumbuhkan
kepekaan dan tanggungjawab terhadap pelestarian alam sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
Mengkaji dan mendiskusikan
konsep-konsep dasar pemberdayaan
komunitas, kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan
Menanya:
Merumuskan pertanyaan-pertanyaan
berdasar hasil pengamatan tentang praktek pemberdayaan komunitas dalam kaitan
dengan masalah-masalah yang timbul, kelemahan dan kelebihannya dalam
mengatasi ketimpangan sosial berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan
dan pembangunan berkelanjutan
Mengembangkan sikap kritis dan
kepekaan terhadap ketimpangan sosial di masyarakat untuk mendorong aksi
pemberdayaan komunitas berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan
Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:
Merancang penelitian berorientasi
pada pemecahan masalah menggunakan metode identifikasi kebutuhan, pemetaan
aktor dan kepentingan untuk menentukan langkah dan aksi pemberdayaan
komunitas berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan
Melakukan praktek aksi pemberdayaan komunitas yang
berorientasi pada kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan dengan menggunakan
berbagai metode (partisipasi, pembimbingan, dan sejenisnya) pada masyarakat
di lingkungan setempat
Mengasosiasikan:
Melakukan
analisis dan evaluasi terhadap
keterlaksanaan aksi pemberdayaan komunitas yang berorientasi pada kearifan
lokal, kelestarian lingkungan dan
pembangunan berkelanjutan
Mengemukakan
inisiatif, usulan, alternatif pemecahan masalah dan rekomendasi terkait
dengan hasil analisis dan evaluasi tentang praktek aksi pemberdayaan
komunitas untuk penguatan kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan
pembangunan berkelanjutan
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan
dan mendiskusikan hasil praktek pemberdayaan komunitas di masyarakat dengan
melakukan evaluasi atas keterlaksanaannya dari masing-masing kelompok di
dalam diskusi kelas
Merumuskan
hasil diskusi kelas dan pembelajaran yang bisa dipetik dari praktek aksi
pemberdayaan komunitas dengan mengemukakan inisiatif, usulan, alternatif dan
rekomendasi untuk perbaikan aksi pemberdayaan komunitas ke depan berorientasi
pada penguatan kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan
|
Tes:
Melakukan tes
untuk mengetahui pemahaman siswa prinsip dan konsep dasar pemberdayaan
komunitas dalam menghadapi globalisasi
Tugas:
Membuat
tinjauan, usulan dan rekomendasi tentang aksi pemberdayaan masyarakat di
masyarakat sekitarnya
Observasi:
Penilaian
tentang perilaku tanggung jawab,disiplin,
jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif serta
kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal,
mandiri, atau kelompok mengikuti
prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati
bersama
Portofolio:
Menilai proses
dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan
aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam
menunjukkan sikap ilmiah
Proyek:
Merancang,
melaksanakan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan hasil praktek aksi pemberdayaan komunitas
Sikap:
Menilai
tanggapan dan pandangan serta partisipasi siswa terhadap pentingnya
pemberdayaan komunitas melalui berbagai instrumen
|
64
JP
|
Buku teks pelajaran, buku referensi
yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta,
audio-visual, dan lingkungan setempat serta komunitas di masyarakat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar