Minggu, 25 Maret 2012

RPP Sosiologi Kelas XI Semester Genap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit

I. Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
II. Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
III. Indikator : 2.1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat Multikultural.
IV. Materi Ajar : Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
V. Kegiatan Pembelajaran : - Menggali informasi melalui studi kepustakaan tentang pengertian dan ciri - ciri masyarakat multikultural.

Pertemuan I
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menggali informasi melalui studi kepustakaan tentang pengertian dan ciri - ciri masyarakat multikultural.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Apersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan materi stratifikasi dan differensiasi sosial dengan keberadaaan kelompok sosial dalam masyarakat kultural”.
- Motivasi
” Memberikan deskripsi tentang pentingnya memahami keberadaaan kelompok sosial dalam masyarakat kultural”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui sumber pustaka yang tersedia di bawah bimbingan guru tentang pengertian masyarakat secara etimologi dan terminologi
- Siswa merumuskan ciri-ciri masyarakat melalui sumber pustaka melalui bimbingan guru.
- Siswa menggali informasi melalui sumber pustaka yang tersedia di bawah bimbingan guru tentang pengertian masyarakat majemuk menurut; (a) J.S. Furnivall, (b) Dr. Nasikun, (c) Clifford Gertz, serta (d) vandenberg.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi
Pertemuan II
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menggali informasi melalui studi kepustakaan tentang pengertian dan ciri - ciri masyarakat multikultural.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
- Kuis
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Apersepsi
b. Kegiatan inti
a. Siswa merumuskan pembagian masyarakat kultural melalui bimbingan guru.
b. Siswa merumuskan ciri-ciri masyarakat kultural di Indonesia melalui bimbingan guru.
c. Kegiatan akhir
Motivasi


VI. Sumber/Alat dan Bahan :
- Pelajaran Sosiologi SMA/MAKls XI ; Nuning Wuryanti dkk : Arya Duta; 2007
- Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi ; 2004.
- Sosiologi 2 KBK, Janu M : Grafindo; 2004

VII. Penilaian :
- Jenis : Ulangan harian
- Bentuk : Uraian non objektif /uraian bebas (terlampir)














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 3 X 45 Menit


I. Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
II. Kompetensi Dasar : 2.2. Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
III. Indikator : 2.2.1. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terbentuknya masyarakat multikultural.

IV. Materi Ajar : Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
V. Kegiatan Pembelajaran : - Menggali informasi melalui studi kepustakaan tentang penyebab terjadinya masyarakat multikultural


Pertemuan III
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terbentuknya masyarakat kultural.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara materi ciri-ciri dan faktor-faktor penyebab terbentuknya masyarakat kultural”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui sumber pustaka yang tersedia di bawah bimbingan guru tentang faktor-faktor penyebab terbentuknya masyarakat kultural.
- Siswa mendiskusikan faktor-faktor penyebab terbentuknya masyarakat kultural.
- Kegiatan akhir
Motivasi

VI. Sumber/Alat dan Bahan :
- Pelajaran Sosiologi SMA/MA Kls XI ; Nuning Wuryanti dkk : Arya Duta; 2007
- Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi, 2004.
- Sosiologi 2 KBK, Janu M : Grafindo; 2004

VII. Penilaian :
- Jenis : Ulangan harian
- Bentuk : Uraian non objektif /uraian bebas (terlampir)



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 15 X 45 Menit

I. Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
II. Kompetensi Dasar : 2.3. Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
III Indikator : 2.3.1. Mendiskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.

IV. Materi Ajar : Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
V. Kegiatan Pembelajaran : - Membuat tulisan secara kelompok melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
- Mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
- Menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial

Pertemuan IV
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui sumber pustaka yang tersedia secara kelompok di bawah bimbingan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan ras.
- Siswa menggali informasi melalui sumber pustaka yang tersedia secara kelompok di bawah bimbingan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan suku bangsa.
- Siswa menggali informasi melalui sumber pustaka yang tersedia secara kelompok di bawah bimbingan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan klan.
- Siswa menggali informasi melalui sumber pustaka yang tersedia secara kelompok di bawah bimbingan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan agama.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi


Pertemuan V
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi

Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan keanekaragaman dan kemajemukan suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa mendiskusikan melalui arahan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan ras.
c. Kegiatan akhir
- Tugas
”membuat simpulan materi diskusi”


Pertemuan VI
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa mendiskusikan melalui arahan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan suku bangsa.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi


Pertemuan VII
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa mendiskusikan melalui arahan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan klan.
c. Kegiatan akhir
- Tugas
”membuat simpulan materi diskusi”


Pertemuan VIII
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mendeskripsikan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa mendiskusikan melalui arahan guru tentang kemajemukan di Indonesia berdasarkan agama.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi

VI. Sumber/Alat dan Bahan :
- Pelajaran Sosiologi SMA/MA Kls XI ; Nuning Wuryanti dkk : Arya Duta; 2007
- Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi, 2004
- Sosiologi 2 KBK, Janu M : Grafindo; 2004

VII. Penilaian :
- Jenis : Ulangan harian
- Bentuk : Uraian non objektif /uraian bebas (terlampir)


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit

I. Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
II. Kompetensi Dasar : 2.3. Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
III Indikator : 2.3.2. Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
IV. Materi Ajar : Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
V. Kegiatan Pembelajaran : - Menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
Pertemuan IX
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.

Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara materi kemajemukan di Indonesia dengan perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan sosial”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik dan budaya terhadap perkembangan kelompok sosial melalui arahan guru.
- Siswa merumuskan penyebab konflik sosial menurut Van den Berghe melalui arahan guru.
- Siswa menganalisis macam-macam konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Tugas
”Membuat klipping dan makalah secara kelompok tentang konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia”

Pertemuan X
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa mendiskusikan macam-macam konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi


Pertemuan XI
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang defenisi integrasi melalui bimbingan guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang faktor yang mempengaruhi integrasi sosial dengan bimbingan dari guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang fase-fase integrasi sosial dengan bimbingan dari guru.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi

Pertemuan XII
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang kasus kesenjangan multidimensional melalui bimbingan guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang masalah-masalah dalam pelaksanaan pelaksanaan pembangunan di Indonesia dengan bimbingan dari guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang kesenjangan-kesenjangan yang timbul akibat pelaksanaan pembangunan dengan bimbingan dari guru.
c. Kegiatan akhir
- Tugas
Mengidentifikasi pembangunan yang dilaksanakan di tempat tinggal selama dua tahun terakhir dengan memperhatikan sumber dana pembangunan.

Pertemuan XIII
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi

Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa mendiskusikan kesenjangan-kesenjangan yang muncul antara daerah bagian barat, tengah dan timur Indonesia akibat melalui bimbingan guru.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi

Pertemuan XIV
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan antara faktor-faktor penyebab masyarakat multikultural dengan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui arahan guru dalam kepustakaan yang tersedia tentang transformasi sosial budaya.
- Siswa menggali informasi melalui arahan guru tentang perbedaan pandangan kaun konservatif dan kaum transformatif tentang perubahan pembangunan.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi

VI. Sumber/Alat dan Bahan :
- Pelajaran Sosiologi SMA/MAKls XI ; Nuning Wuryanti dkk : Arya Duta; 2007
- Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi, 2004
- Sosiologi 2 KBK, Janu M : Grafindo; 2004

VII. Penilaian :
- Jenis/metode : Ulangan harian
- Bentuk : Uraian non objektif /uraian bebas (terlampir)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI / II
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit

I. Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

II. Kompetensi Dasar : 2.3. Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
III Indikator : 2.3.3. Menjelaskan dengan contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial

IV. Materi Ajar : Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
V. Kegiatan Pembelajaran : - Mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial
- Mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial


Pertemuan XV
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mengemukakan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial dalam hubungannya dengan kasus keanekaragman kelompok sosial”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang keanekaragaman kelompok sosial melalui arahan guru.
- Siswa mendiskusikan keanekaragaman kelompok sosial melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi

Pertemuan XVI
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mengemukakan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” ” Memberikan deskripsi tentang konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial dalam hubungannya dengan kasus keanekaragman kelompok sosial”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang masalah konflik antaretnis melalui arahan guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang masalah konflik antar agama melalui arahan guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang masalah konflik antar mayoritas dan minoritas melalui arahan guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang masalah konflik antar pribumi dan non pribumi serta dan perlakuan diskriminatif melalui arahan guru.
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang keanekaragaman perubahan lingkungan sosial budaya melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi

Pertemuan XVII
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mengemukakan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial dalam hubungannya dengan kasus keanekaragman kelompok sosial”.
b. Kegiatan inti
- Siswa mendiskusikan masalah konflik antaretnis dan antar agama melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Tugas
”Membuat simpulan diskusi.

Pertemuan XVIII
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mengemukakan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial dalam hubungannya dengan kasus keanekaragaman kelompok sosial”.
b. Kegiatan inti
- Siswa menggali informasi melalui pustaka yang tersedia tentang masalah konflik antar mayoritas dan minoritas melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Motivasi


Pertemuan XIX
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mengemukakan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan kasus keanekaragman kelompok sosial dengan perlunya gagasan penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial”.

b. Kegiatan inti
- Siswa mendikusikan masalah konflik antar pribumi dan non pribumi serta perlakuan diskriminatif melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Tugas
”Membuat simpulan diskusi.

Pertemuan XX
Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu mengemukakan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
Pendekatan dan metode :
a. Pendekatan :
- Pendekatan konsep
b. Metode :
- Ceramah
- Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan awal
- Appersepsi
” Memberikan deskripsi tentang hubungan kasus keanekaragman kelompok sosial dengan perlunya gagasan penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial”.

b. Kegiatan inti
- Siswa mendikusikan masalah keanekaragaman perubahan lingkungan sosial budaya melalui arahan guru.
c. Kegiatan akhir
- Tugas
Motivasi.


VI. Sumber/Alat dan Bahan :
- Pelajaran Sosiologi SMA/MAKls XI ; Nuning Wuryanti dkk : Arya Duta; 2007
- Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi
- Sosiologi 2 KBK, Janu M : Grafindo; 2004

VII. Penilaian :
- Jenis : Ulangan harian
- Bentuk : Uraian non objektif /uraian bebas (terlampir)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 01

Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 16 X 45 Menit

I. Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat
III Indikator : 1. Mendeskripsikan differensiasi sosial
2. Mendeskrispikan stratifikasi sosial
3. Mengidentifikasi differensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama dan gender
4. Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat
5. Mendeskripsikan berbagai pengaruh differensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat
6. Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat

IV. Materi Ajar : Struktur sosial : differensiasi dan stratifikasi sosial
V. Kegiatan Pembelajaran : 1. Menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli.
2. Mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi.
3. Menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep realitas sosial.
4. Mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari – hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial .
5. Menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat.
6. Mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realitas sosial.
7. Menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
8. Membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
9. Mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
10. Mendiskusikan tentang kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
11. Mendiskusikan rumusan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma
12. Menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial
13. Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial
14. Merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika sosial.
15. Mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.
16. Menerapkan pola-pola interaksi sosial untuk terbentuk keteraturan sosial.

VI. Sumber/Alat dan Bahan :
VII. Penilaian :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar